.

Jumat, 16 November 2012

Pengertian latah sering disamakan dengan ekolalia, yaitu perbuatan membeo atau menirukan apa yang dilakukan orang lain. Tetapi, sebenarnya latah merupakan suatu sindrom yang bersifat jorok dan gangguan lokomotorik yang dapat dipancing.
Kebiasaan ini sepertinya sudah dianggap lumrah dan wajar di negara kita, dan mungkin dengan latah orang bisa jadi terkenal. Padahal seorang yang mengidap penyakit latah adalah orang yg tidak kreatif, terbiasa meniru orang yang ada disekitarnya dari mulai tingkah laku sampai kata kata yang diucapkannya, penjiplak sejati. Pengidap latah sepertinya salah menafsirkan semboyan  negara kita, yaitu "Walaupun berbeda beda tapi tetap satu jua....LATAH". Orang orang akan cenderung memilih seragam ketimbang bersusah payah membuat hal hal yang baru.
Dan memang di negara kita kemungkinan kebiasaan latah bisa menular adalah mungkin sekali, karena dari mulai TK, SD, SMP, SMU kita sudah diplot dari mulai seragam, buku mata pelajaran, sampai isi jawaban soalnya semuanya harus sama tidak boleh berbeda. Belum lagi pengaruh Media Informasi yang kalau dulu kalau ada pejabat yang meninggal semua saluran TV mendadak acaranya sama semua, seperti ada yang rusak dengan remotenya.
Sepertinya berbeda dengan yang lain itu adalah suatu kesalahan besar..? Padahal berbeda itu kalau untuk saling mengisi dan saling terkait adalah sebuah keindahan yang begitu indah, berbeda itu memberi warna warni kehidupan seperti pelangi yang begitu indah menghias langit di waktu senja.


Categories:

0 comments: